STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN : Skenario Pembelajaran


 

TUGAS AKHIR INDIVIDU

STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN

 

NAMA                                     : MUHAMMAD ZULFIKAR ABUBAKAR

NIM                                         : H0418314

KELAS                                     : PENDIDIKAN FISIKA 2018

 

 

POKOK BAHASAN                 : PEMANASAN GLOBAL

SUB POKOK BAHASAN         : MENGATASI DAMPAK PEMANASAN GLOBAL

MODEL PEMBELAJARAN     : INQUIRY LEARNING

 

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan

Fase

Kegiatan

Waktu

(menit)

Pendahuluan

I

Orientasi

Guru menyampaikan  beberapa fenomena alam di dunia yang berhubungan dengan pemanasan global dan kemudian mulai mencoba memperkenalkan peserta didik mengenai masalah – masalah disekitar yang  berhubungan dengan  pemanasan global.

 

 

 

 

15 Menit

 

II

Merumuskan Masalah

·         Guru membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok (Opsional)

·         Guru melakukan perumusan masalah dari berbagai pernyataan dan pertanyaan awal mengenai fenomena yang terjadi akibat pemanasan global

·         Guru mulai memberikan tantangan kepada peserta didik untuk mencari jawaban mengenai cara terbaik yang mungkin dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah  pemanasan global

 

 

 

 

15 Menit

 

Kegiatan inti

III

Mengajukan Hipotesis

Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengutarakan dan memberikan dugaan sementara (hipotesis) terkait cara mengatasi masalah pemanasan global. Disini guru dapat memberikan contoh untuk merangsang nalar dari peserta didik.

 

 

 

 

 

20 Menit

IV

Mengumpulkan data

·         Peserta didik diminta untuk mencari data pendukung  atas hipotesis yang telah diajukan sebelumnya. Disini peserta didik bisa mendapatkan  pendukung hipotesis tersebut dari sumber manapun, baik itu browsing maupun berdasarkan pada pengalamannya sehari – hari.

·         Peserta didik dituntun untuk mencari berbagai faktor pembanding untuk memutuskan mana hipotesis yang memungkinkan untuk dilakukan maupun tidak.

·         Peserta didik diminta untuk mengumpulkan data atas hasil pengamatannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

30 Menit

V

Menguji Hipotesis

·         Semua data yang telah dikumpulkan kemudian selanjutnya digunakan untuk melakukan pengujian terhadap hipotesis-hipotesis yang telah diajukan oleh peserta didik sehingga akan dapat dibuktkan apakah hipotesis tersebut benar atau salah

 

 

 

 

25 Menit

Penutup

VI

Membuat simpulan

·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menarik kesimpulan.

·         Melalui presentasi  perkelompok, guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk berbagi dengan peserta didik lainnya mengenai kesimpulan yang mereka dapatkan atas hipotesis yang diajukan. Pada poin ini jika waktu memungkinkan, peserta didik lainnya dapat menanggapi.

·         Jika memungkinkan, guru dapat memberikan tambahan dan sanggahan tertentu menurut kebutuhan diskusi.

 

 

 

 

 

30 Menit

 

Catatan:

1.      Alokasi waktu pembelajaran selama 3 x 45 menit

Komentar

Postingan Populer