STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN : Skenario Pembelajaran
TUGAS AKHIR INDIVIDU
STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN
NAMA : MUHAMMAD
ZULFIKAR ABUBAKAR
NIM :
H0418314
KELAS :
PENDIDIKAN FISIKA 2018
POKOK
BAHASAN : PEMANASAN GLOBAL
SUB
POKOK BAHASAN : MENGATASI DAMPAK
PEMANASAN GLOBAL
MODEL
PEMBELAJARAN : INQUIRY LEARNING
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
|
Kegiatan |
Fase |
Kegiatan |
Waktu (menit) |
|
Pendahuluan |
I Orientasi |
Guru
menyampaikan beberapa fenomena alam di
dunia yang berhubungan dengan pemanasan global dan kemudian mulai mencoba
memperkenalkan peserta didik mengenai masalah – masalah disekitar yang berhubungan dengan pemanasan global. |
15 Menit |
|
II Merumuskan Masalah |
·
Guru membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok
(Opsional) ·
Guru melakukan perumusan masalah dari berbagai pernyataan
dan pertanyaan awal mengenai fenomena yang terjadi akibat pemanasan global ·
Guru mulai memberikan tantangan kepada peserta didik untuk
mencari jawaban mengenai cara terbaik yang mungkin dilakukan untuk mengatasi
masalah-masalah pemanasan global |
15 Menit |
|
|
Kegiatan inti |
III Mengajukan Hipotesis |
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk mengutarakan dan memberikan dugaan
sementara (hipotesis) terkait cara mengatasi masalah pemanasan global. Disini
guru dapat memberikan contoh untuk merangsang nalar dari peserta didik. |
20 Menit |
|
IV Mengumpulkan data |
·
Peserta didik diminta untuk mencari data pendukung atas hipotesis yang telah diajukan
sebelumnya. Disini peserta didik bisa mendapatkan pendukung hipotesis tersebut dari sumber
manapun, baik itu browsing maupun berdasarkan pada pengalamannya sehari –
hari. ·
Peserta didik dituntun untuk mencari berbagai faktor
pembanding untuk memutuskan mana hipotesis yang memungkinkan untuk dilakukan maupun
tidak. ·
Peserta didik diminta untuk mengumpulkan data atas hasil
pengamatannya. |
30 Menit |
|
|
V Menguji Hipotesis |
·
Semua data yang telah dikumpulkan kemudian selanjutnya
digunakan untuk melakukan pengujian terhadap hipotesis-hipotesis yang telah
diajukan oleh peserta didik sehingga akan dapat dibuktkan apakah hipotesis
tersebut benar atau salah |
25 Menit |
|
|
Penutup |
VI Membuat simpulan |
·
Guru memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk menarik kesimpulan. ·
Melalui presentasi perkelompok, guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk berbagi dengan peserta didik lainnya mengenai
kesimpulan yang mereka dapatkan atas hipotesis yang diajukan. Pada poin ini
jika waktu memungkinkan, peserta didik lainnya dapat menanggapi. ·
Jika memungkinkan, guru dapat
memberikan tambahan dan sanggahan tertentu menurut kebutuhan diskusi. |
30 Menit |
Catatan:
1. Alokasi waktu pembelajaran selama 3 x
45 menit

Komentar
Posting Komentar