Hasil Wawancara

 

 LAPORAN

HASIL WAWANCARA

 


 

Nama               :           Muhammad Zulfikar Abubakar

NIM                :           H0418314

Kelas               :           Pendidikan Fisika 2018

Mata Kuliah    :           Strategi Pembelajaran Fisika

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENDIDIKAN FISIKA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS SULAWESI BARAT

2020

Biodata Responden

Nama Lengkap                        :           Agusmar S.Pd, M.Si

Tempat dan tanggal lahir        :           Soppeng, 08 Mei 1979

Riwayat Pendidikan                  :           S1 Pendidikan Fisika UNM (1997-2002),

    S2 Admin Pemda UIT(2008-2010)

Riwayat Instansi                     :               SMAN 1 Malunda (2005 – Sekarang)

 

 

Biodata Mahasiswa

Nama Lengkap                        :           Muhammad Zulfikar Abubakar

Nomor Induk Mahasiswa       :           H0418314

Jurusan                                    :           Pendidikan Fisika

Kelas                                       :           Fisika

Angkatan                                :           2018


 

A.    Hasil Wawancara

1.      Identitas Responden

Ø  Nama Lengkap                        :           Agusmar S.Pd, M.Si

Ø  Tempat dan tanggal lahir        :           Soppeng, 08 Mei 1979

Ø  Riwayat Pendidikan               :           S1 Pendidikan Fisika UNM

(1997-2002),

S2 Admin Pemda UIT

(2008-2010)

Ø  Riwayat Instansi                     :           SMAN 1 Malunda (2005 –

                                                 Sekarang)

2.      Selama rentang waktu berprofesi sebagai seorang guru, pengalaman/kejadian apa yang paling berkesan bagi bapak?

Ø  Pengalaman paling berkesan adalah ketika pertama kali berdiri didepan kelas menghadapi berbagai macam karakteristik berbeda dari peserta didik

3.      Bagaimana tindakan bapak sebagai seorang guru pada saat terjadi suatu konflik dalam proses pembelajaran?

Ø  Selama proses pembelajaran, resiko konflik senantiasa dicoba untuk diminimalisir. Kalaupun ada konflik, sebisa mungkin dicoba untuk diredakan dengan menyatukan pendapat kedua belah pihak secara damai.

4.      Untuk merencanakan suatu kegiatan pembelajaran, langkah apa yang bapak tempuh?

Ø  Membuat Perangkat Pembelajaran

5.      Berdasarkan pengalaman bapak, ketika menyusun perangkat pembelajaran apakah dapat selalu sesuai dengan apa yang diterapkan didalam kelas? Apabila pernah tidak sesuai, kira kira apa penyebabnya?

Ø  Pada umumnya tidak sesuai disebabkan berbagai factor. Diantaranya kesiapan peserta didik menerima materi, rendahnya penguasaan dasar matematika peserta didik, dan kurangnya minat dan motivasi serta penguasaan peserta didik yang rendah.

6.      Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan oleh seorang pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran?

Ø  Mulai dari penyiapan perangkat pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, cara mengelola kelas dan penguasaan materi oleh pendidik.

7.      Apa harapan bapak bagi guru dimasa depan?

Ø  Harapannya adalah dengan menjadi seorang guru merupakan garda terdepan dalam menanamkan akhlak, karakter serta ilmu pengetahuan kepada generasi pelantikan menjadi penerus bangsa.

B.  

Komentar

Postingan Populer